Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Friday, March 18, 2016

TANAMAN HIAS KANTONG SEMAR

TANAMAN HIAS KANTONG SEMAR



Tanaman kantong semar, jika kita sekilas melihat atau mendengar tentang tanaman ini mungkin yang ada di benak kita adalah jenis tanaman yang menakutkan, karena tanaman kantong semar ini adalah jenis tanaman karnivora yang banyak memangsa serangga. Namun, jika kita bisa melihat dari sisi lain sebenarnya tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kita semua. Salah satu manfaatnya adalah tanaman ini bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman hias, oleh sebab itu tidak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai salah satu jenis bunga, para penghobies bunga lebih tepatnya mengenalnya dengan nama bunga kantong semar.



Tanaman ini memiliki bentuk yang unik, karena memiliki kantong yang menyerupai kantong milik semar di pewayangan. Oleh sebab itu tanaman atau bunga ini diberi nama kantong semar. Dengan keunikannya tersebut membuat banyak penghobies bunga menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias. Tanaman atau bunga kantong semar ini termasuk dalam jenis genus nepenthes. Dalam bahasa inggris kantong semar ini di sebut dengan nama tropical pitcher plant. Genus yang satu ini adalah termasuk dalam jenis tanaman karnivora, yaitu jenis tanaman pemakan serangga yang banyak hidup di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di daerah Indonesia, Malaysia, Kaledonia Baru, India, Madagaskar, China bagian selatan, Filipina, Sri Lanka, dan di negara Australia. Di Negara Indonesia, habitat spesies tumbuhan kantong semar yang paling banyak adalah di daerah Kalimantan dan juga daerah Sumatra.



Tanaman atau bunga kantong semar ini adalah salah satu jenis tanaman atau bunga yang paling banyak spesiesnya. Tanaman kantong semar ini memiliki ciri yang sangat khusus. Tahukah kita, jika setiap tanaman yang hidup itu memiliki ciri-ciri yang berbeda beda antara tanaman yang satu dengan yang lainnya. Dengan perbedaan ciri ini, sangat berguna untuk memudahkan kita dalam membedakan jenis tanaman yang satu dengan yang lainnya.



Kantong dalam tanaman kantong semar ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam kelangsungan hidupnya. Karena kantong tersebutlah yang digunakan untuk menangkap mangsa atau menangkap serangga-serangga kecil yang ada di sekitarnya untuk dimakan dan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tanaman kantong semar adalah tanaman karnivora atau tanaman pemakan serangga, tetapi satu hal yang harus kita ketahui, meskipun tanaman ini merupakan jenis tanaman karnivora tetapi jenis tanaman ini dapat kita jadikan sebagai tanaman bunga hias yang cantik. Kita dapat memeliharanya sebagai tanaman bunga hias di rumah kita.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive