Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Thursday, August 4, 2016

BUNGA GAILLARDIA (BUNGA PADANG RUMPUT)

BUNGA GAILLARDIA (BUNGA PADANG RUMPUT)

Tanaman Bunga Gaillardia merupakan tanaman bunga yang habitat aslinya berasal dari daerah Amerika bagian barat, Tanaman bunga Gaillardia ini mudah tumbuh dan berkembang tanpa perawatan khusus. Tanaman yang memiliki bunga cantik ini biasa disebut juga bunga padang rumput atau prairie flower, dikarenakan habitat aslinya memang berasal dari daerah yang terbuka dengan lingkungan daerah yang berumput. Keistimewaan lain dari tanaman bunga Gaillardia ini adalah dapat bertahan terhadap cuaca panas dan tanah yang kering. Hal ini menjadikannya sebagai tanaman bunga potong yang paling dapat diandalkan sepanjang musim panas.



Tanaman Bunga Gaillardia termasuk jenis tanaman semak, tingginya berkisar tidak lebih dari 30 cm, untuk Jenis bunga Gaillardia terdiri dari 28 spesies, sebagian besar bertipe semusim, dan sisanya tahunan. Jenis bunga Gaillardia aristata adalah satu-satunya tipe yang berasal dari Amerika Utara Bagian Barat. Daunnya berbentuk pinate dan memiliki bulu-bulu halus di permukaannya. Bentuk batang bunganya tinggi dan langsing, terkecuali untuk varietas Goblin yang merupakan varietas mini. Kebanyakan Varietas goblin digunakan sebagai pagar taman.



Untuk jenis atau varietas yang bertangkai bunga panjang, biasanya membutuhkan tiang atau penyangga untuk menjaga tangkai tanaman tetap tegak. Beberapa varietas yang terkenal adalah red plume, Yellow Sun, Goblin, dan Yellow Queen. Budidaya tanaman Bunga Gaillardia dapat dilakukan dengan menanam bijinya. Suhu yang cocok bagi pertumbuhan bunga Gaillardia ini Berkisar antara 19 – 22 ˚C.



Dalam pertumbuhannya tanaman bunga Gaillardia membutuhkan tanah yang berdrainase baik, penanaman pada tanah berlempung sebaiknya kita hindari. Tanaman bunga Gaillardia ini juga membutuhkan sinar matahari penuh agar bunganya tumbuh optimal. Tahap pertama pembudidayaan tanaman bunga Gaillardia dimulai pada penaburan biji di media humus pakis. kemudian setelah biji sudah mulai berkecambah, kita bisa pindahkan ke dalam polibag berukuran 10 cm yang berisi humus. Bibit bunga Gaillardia ini kita pelihara selama kurang lebih 1 bulan di dalam polibag.



Sebelum kita pindahkan ke polibag berisi media tanah, sekam, dan bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Kurang lebih sekitar satu bulan kemudian bibit sudah dapat kita tanam di kebun. Pemupukan tanaman menggunakan NPK cair. Pemupukan dilakukan 2 minggu sekali mulai pada masa pembenihan sampai dengan pembungaan. Kurang lebih setelah satu bulan kita lakukan penanaman di kebun, Tanaman Bunga Gaillardia akan mulai berbunga.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive