Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Sunday, March 13, 2016

MANFAAT MENGKOMSUMSI COKELAT

MANFAAT MENGKOMSUMSI COKELAT 


 
Cokelat di ambil dari biji buah kakao yang memiliki kadar antioksidan tinggi. Mengkomsumsi Cokelat dipercaya bisa mendapatkan banyak khasiat bagi kesehatan. Di Dunia ini, baik orang muda maupun orang tua banyak yang menyukai cokelat. Cokelat yang sering disebut sebagai makanan para dewa ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat, sehingga membuat lidah sering ketagihan jika kita mengkomsumsinya. Selain itu, makanan ini juga menyehatkan. Dalam cokelat terkandung antioksidan flavonoid berupa katekin, epicatechins, dan procyandins. Selain itu ada kandungan lemak berupa lemak jenuh atau palmitat dan asam stearat juga lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat. Kadar lemak cokelat mencapai 50 persen. Kandungan karbohidratnya juga tinggi dan mengandung sedikit gula sederhana. Dalam buah kakao utuh juga memiliki serat larut. 


 
Cokelat yang dinilai masih punya nutrisi banyak yaitu yang berjenis cokelat hitam hasil tumbukan dari biji kakao. Kandungan gulanya alami dan rasanya cenderung agak pahit. Untuk itu, lebih disarankan mengambil cokelat hitam agar nutrisinya bisa diperoleh maksimal. Cokelat juga memiliki berbagai gizi yang menyehatkan seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, E, dan asam pantotenat. Biji kakao juga kaya dengan mineral penting seperti magnesium, kalsium, zat besi, seng, tembaga, kalium dan mangan. Namun cokelat yang memiliki keunggulan dalam gizi adalah yang masih mendekati bentuk aslinya. Produk cokelat yang beredar saat ini kebanyakan sudah ditambahkan gula, susu, dan campuran lainnya. Sementara cokelatnya dipakai sebagai bahan perasa saja. Akhirnya yang terjadi adalah produk tersebut sebenarnya hanya manisan cokelat dan bukan cokelat sesungguhnya. 


 
Cokelat memiliki kandungan antioksidan terutama di bagian biji kakao yang tidak memiliki unsur lemak. Antioksidan ini dapat meredam radikal bebas di dalam tubuh dan melindungi sel-sel tubuh. Selain itu kafein dalam cokelat terbilang lebih rendah dari teh, kopi, maupun soda sehingga tidak sampai menimbulkan masalah bagi orang-orang yang terlalu sensitif dengan kafein. Cokelat juga bisa merangsang terbentuknya hormon di dalam tubuh. Misalnya theobromina sebagai zat pelancar air seni dalam kadar ringan, phenylethylamine untuk antidepresi, dan seroronin yang menunjang suasana hati lebih positif. 


 
Banyak penelitian yang menemukan kaitan antara cokelat dengan baiknya kesehatan jantung. Mengkonsumsi cokelat dapat menormalkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah. Hal ini menurunkan risiko terjadinya serangan stroke dan penyakit jantung. Penelitan di Italia menemukan, mengkomsumsi cokelat hitam sekitar 20 gram setiap tiga hari sekali, akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.



Buah kakao memiliki bentuk lonjong, berkulit kasar, dan warna kulitnya merah saat masak. Di dalamnya ada daging buah berwarna putih kapas dan juga terdapat biji kakao, yang warnanya cokelat. Daging buahnya mempunyai rasa manis dan bisa langsung dimakan. Sementara itu, biji kakaonya terdapat di tengah daging buah. Biji ini menjadi cikal bakal dari produk cokelat. Jika kita menginginkan membuat minuman cokelat, biji kakao dapat kita sangrai, kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk cokelat. Bubuk ini tinggal ditambahkan air panas atau hangat, dan jadilah minuman cokelat. Bubuk cokelat dari biji kakao ini, dapat pula ditambahkan pada berbagai minuman atau makanan untuk meningkatkan aroma. Rasa bubuk cokelat cenderung pahit sehingga sering ditambahkan gula atau susu untuk menambah selera saat dijadikan minuman atau makanan. Saat ini bubuk cokelat murni mudah sekali kita dapatkan di supermarket atau minimarket terdekat.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive