Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Sunday, March 13, 2016

MANFAAT CENGKEH BAGI KESEHATAN

MANFAAT CENGKEH BAGI KESEHATAN 
 
 
Cengkeh adalah jenis rempah-rempah yang banyak digunakan di dunia, baik untuk masakan maupun sebagai obat herbal. Cengkeh telah dikenal sejak abad ketiga sebelum Masehi, pada jaman Dinasti Han cengkeh digunakan untuk menyegarkan nafas dengan cara mengunyahnya. Selama masa abad pertengahan, cengkeh telah banyak diperjual belikan terutama oleh pelaut-pelaut muslim di Timur Tengah. Pada jaman modern, cengkeh pertama kali ditemukan di Maluku. Menurut sejarah, telah ditemukan tanaman cengkeh tertua di Ternate Maluku, yang berusia kurang lebih 400 tahun. Kemudian tanaman tersebut menyebar ke seluruh dunia saat jaman penjajahan. Para penjajah Belanda mengekspor cengkeh ke berbagai penjuru dunia. Selain di Indonesia, cengkeh juga banyak di produksi di India, Madagaskar, Pakistan, Sri Lanka dan Tanzania.
 

 
Bagian pohon cengkeh yang dapat dimanfaatkan adalah bunga, daun, batang dan terutama kuncup bunga keringnya. Namun cengkeh kerap diasosiasikan dengan kuncup bunga keringnya saja. Kuncup bunga kering dapat kita temui dalam bentuk utuh, bubuk, minyak dan olahan makanan seperti roti kukis. Cengkeh juga banyak dipakai dalam berbagai industri seperti pasta gigi, sabun, parfum, kosmetik dan rokok.

Manfaat cengkeh sebagai tanaman obat herbal berbagai penyakit, sudah tidak diragukan kebenarannya, sudah tidak menjadi rahasia umum lagi cengkeh sangat ampuh untuk sakit gigi. Sebagai jenis tanaman yang melimpah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah wajib untuk berbagai masakan khas nusantara. Sebagai rempah alami cengkeh juga bermanfaat seperti halnya manfaat kunyit, jahe ataupun juga manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini di antaranya manfaat dari cengkeh :
  • Untuk mengatasi mual dan muntah 
Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, Minyak cengkeh ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah.
  • Untuk meningkatkan sistem pencernaan
Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengakibatkan iritasi lambung.
  • Untuk menyehatkan jantung
Sudah sejak lama penyakit jantung menjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  • Untuk membantu mengobati sakit gigi
Minyak cengkeh telah digunakan berabad-abad lamanya untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan atau mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.
  • Untuk mencegah peradangan
Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.
  • Untuk mengatasi pilek
Jika kita pilek, ada baiknya kita mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali sehari untuk memberikan efek hangat. Selain itu mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan pilek.
  • Untuk menjaga tubuh tetap hangat
Cengkeh merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik jika di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.
  • Untuk mengatasi sinusitis
Ada berbagai penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.
  • Untuk meredakan batuk
Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal yang terdapat di tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.
  • Untuk meringankan infeksi saluran pernafasan
Cengkeh memiliki berbagai kandungan antioksidan dan berbagai zat yang dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan.
  • Untuk mengatasi jerawat
Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang dari berbagai penelitian sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya pada daerah jerawat tersebut. Kemungkinan jerawat yang tersebar di wajah dapat dihilangkan dengan membunuh bakteri dengan bantuan sifat antimikroba dari minyak cengkeh.
  • Untuk menghilangkan noda dan guratan di kulit
Minyak cengkeh adalah salah satu herbal yang penting untuk menghilangkan noda dan guratan di kulit yang disebabkan oleh luka atau penyebab lainnya. Minyak ini dapat membantu membuat kulit lebih lembut agar tidak tampak jelek jika terkena guratan.
  • Sebagai sumber antioksidan
Minyak esensial cengkeh kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, fosfor, besi dan vitamin A dan C. Sangat jarang obat herbal yang berbentuk minyak memiliki properti yang dapat memiliki antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. 
 
 
Manfaat lainnya dari cengkeh :
  • Fisura anus : Penggunaan 1% cream minyak cengkeh mengakibatkan tingkat penyembuhan secara signifikan studi kecil penderita fisura anus.
  • Antioksidan : Minyak cengkeh dapat menangkap radikal dan besi berbahaya serta menghambat peroksidasi lipid.
  • Zat perangsang nafsu berahi.
Minyak cengkeh aman diaplikasikan pada kulit. Namun, aplikasi minyak cengkeh yang sering dan berulang dalam mulut atau pada gusi kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan pada gusi, pulpa gigi, kulit, dan selaput lendir. Minyak cengkeh juga tidak aman untuk disuntikkan ke dalam pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kerusakan paru-paru. 
 

 
Beberapa kondisi menuntut seseorang untuk mewaspadai konsumsi cengkeh. 
Diantaranya adalah:
  • Anak-anak : Pada anak-anak, minyak cengkeh tidak aman dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan efek samping yang parah seperti kejang, kerusakan hati, dan ketidakseimbangan cairan.
  • Kehamilan dan menyusui : Cengkeh tampaknya aman ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil pada makanan seperti pada bumbu dan kue. Tetapi pada wanita hamil atau menyusui tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi cengkeh untuk pengobatan yang mana dosisnya biasanya tinggi.
  • Bedah : Cengkeh dapat memperlambat pembekuan darah, sehingga ada kekhawatiran dapat menyebabkan perdarahan selama atau setelah operasi. Berhenti menggunakan cengkeh minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.  
Cengkeh dapat digunakan melalui oral seperti makanan, minuman atau sediaan obat/herbal dan untuk minyak cengkeh dapat dioleskan ke beberapa bagian permukaan tubuh.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive