Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Wednesday, March 2, 2016

BUNGA PETUNIA YANG MEMPESONA


BUNGA PETUNIA YANG MEMPESONA

Petunia merupakan jenis bunga semusim, jadi petunia hanya tumbuh dan berbunga satu musim saja, dan selanjutnya dia akan mati dan di ganti tanaman baru. Petunia termasuk keluarga Solanceae (terong-terongan), tanaman ini sangat popular sebagai jenis tanaman bunga yang di tanam di pot. Bunga petunia dalam pot hanya bertahan satu hari, dia kemudian akan layu. Esok harinya akan mekar kuncup bunga baru. Kejadian seperti ini akan terus berulang.



Jika kita menginginkan untuk memperbanyak kuncup bunga, pemetikan pucuk tanaman perlu kita lakukan. Tujuannya yaitu untuk pematahan dominasi pertumbuhan tanaman ke atas. Jika pucuk tanaman kita petik maka akan tumbuh 2 cabang baru ke samping. Begitu pula dengan apabila kita petik ujungnya lagi, maka bakal tumbuh cabang baru lagi hingga membentuk rumpun yang rimbun. Dengan cara itulah petunia berbentuk bundar bisa kita buat.

Tanaman bunga petunia banyak digunakan sebagai tanaman hamparan atau bisa disebut juga semacam ground cover yang bisa dibentuk bermacam-macam. Keberagaman warna dan jenis bunga inilah yang memberikan kekuatan pada tanaman hamparan. Ada yang membentuk seperti huruf, geometris, macam warna dan beragam bentuk lain penghias taman. Tanaman hamparan sendiri digunakan untuk model dengan lahan yang luas. Petunia bila hanya berdiri sendiri di lahan yang luas biasanya kurang terlihat bagus. Supaya mendapatkan efek yang bagus, petunia kerap kali di gandengkan dengan tanaman semusim lainnya. Seperti ragam salvia, maringoid, tapak dara dan juga begonia.



Para penghobi flora saat ini banyak yang menambahkan tanaman petunia di tamannya, mereka membeli petunia yang sudah berbunga, kemudian menggantungnya di taman ataupun di area teras rumah. Bentuknya yang membulat dan dipenuhi oleh bunga aneka warna, di pastikan bakal mempesona mata yang melihatnya. Kelopak bunga petunia yang tumbuh merekah, terlihat cantik berkat warna keunguan pada seluruh bagiannya. Saking bergerombolnya, keberadaan daun hijau yang ada di dekatnya seolah olah hilang. Untaian-untaian bunga yang bergerombol, menghasilkan pandangan yang bisa dinikmati dari berbagai sisinya. Bahkan ketika kita melihatnya dari bawah, tanaman bunga petunia tetap terlihat kecantikannya.

Sebelum menanam petunia, perlu kita ketahui terlebih dahulu syarat-syarat tumbuhnya. Tanaman petunia berbunga bagus di tempat yang berhawa sejuk. Untuk di Indonesia, ketinggian ideal untuk menanam bunga petunia adalah di atas 500 mdpl. Di bawah ketinggian tersebut, tanaman juga bisa tumbuh dan berbunga akan tetapi kemungkinan bunganya tidak sebanyak bila di tanam di kawasan sejuk. Apabila di tanam di dataran rendah seperti kota Jakarta atau Surabaya, intensitas cahaya yang didapatkan terlalu terik. Hal inilah yang menyebabkan tanaman petunia cepat layu.

Bila kita menginginkan menanamnya menggunakan biji, benih tanaman petunia biasanya sudah tersedia dalam kemasan yang bisa kita dapatkan di took pertanian atau supermarket yang menjual perlengkapan tanaman. Di bungkusnya tertera warna yang diinginkan, seperti biru, putih, ungu, pink ataupun merah. Atau kita juga bisa membeli yang campuran warna, satu bungkus terdiri dari beragam warna. Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal kadaluwarsanya. Sebab apabila sudah melewati masa kadaluwarsa, banyak benih benih yang sudah mati.

Setelah kita mendapatkan benih tersebut, taburkan benih tersebut pada media tanam. Bisa dengan kita semai dulu benih tersebut ataupun langsung kita tanam di media tanam (pot) . Media tanam yang digunakan pun beragam, tergantung ketersediaan kita. Bisa menggunakan sekam bakar dan kompos, bisa juga dengan kokopit dan kompos. Sekitar seminggu biasanya benih sudah mulai berkecambah. Umur 2-3 minggu benih sudah siap di pindahkan di tempat yang kita kehendaki. Saat berumur 2 bulan, pucuk batang bisa kita pangkas agar membentuk bulat dengan cabang yang banyak. Umur 3 bulan tanaman bunga petunia kita sudah mulai berbunga.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive