Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Saturday, February 27, 2016

IKAN LOACH MENAWAN (LEPTOBOTIA ELONGATA)

IKAN LOACH MENAWAN (LEPTOBOTIA ELONGATA)

Habitat asalnya ikan loach ini adalah jenis ikan bottom dweller (berenang di bagian dasar), warna badannya kuning kehijauan dengan pola hitam melingkar sepanjang tubuhnya, mulai dari ujung mulut sampai dengan bagian akhir sirip ekor..



Habitat asli ikan ini adalah di hulu sungai Yangtze, china. Sungai Yangtze adalah sungai yang lebar dan berarus pelan. Termasuk salah satu sungai terpanjang di Asia dan terpanjang ketiga di Dunia, mereka biasanya tinggal di sungai yang jernih dengan dasar sungai yang berpasir dan berbatu batu.

Untuk pemeliharaan di Aquarium, dapat menggunakan air PDAM yang sudah diendapkan. Sementara itu untuk di daerah pegunungan cukup menggunakan air tanah. Ikan yang juga dikenal dengan nama Royal Clown Loach ini dapat dipelihara di dalam Aquascape besar dengan suhu air relative dingin.

Untuk pemeliharaannya di dalam aquascape harus memperhatikan penghuni lainnya, karena mungkin mereka biasa jadi camilannya, seperti udang hias dan siput hias bisa jadi santapan favorit mereka. Bahkan bisa juga tanaman hias yang menjadi karpet juga mungkin akan rusak dan terlepas karena gerakan tubuhnya. Sebagai teman se aquarium kita bisa mencampurnya dengan ikan dari keluarga botia, corydoras, tetra dan jenis ikan lain yang tak agresif.

System filtrasi optimal dan suplai oksigen yang cukup mutlak dibutuhkan. Dengan sistem filter sederhana ditambah kapas filter sebagai medianya, cukup membuat ikan ini betah. Agar kualitas air tetap terjaga kita harus rajin mengganti 20% airnya tiap hari. Paling telat, 3 hari sekali. Semakin baik sitem filter membersihkan zat berbahaya, frekuensi penggantian air bakal semakin jarang dilakukan.

Agar ikan loach ini enjoy di akuarium, sebaiknya kita menyediakan pipa sebagai tempat dia bersembunyi. Sesuaikan ukuran pipa dengan panjang dan besar ikannya. Kalau ingin kelihatan lebih natural bisa kita ganti dengan potongan pohon bambu, atau mainan gerabah yang unik. Untuk sentuhan agar lebih cantik bisa kita tambahkan batuan kecil dengan permukaan tumpul, sehingga tidak bakal melukai kulitnya.



Ikan Loach ini termasuk jenis ikan karnivora. Jadi kita dapat memberinya makanan berupa udang hidup, daging udang, ikan kecil, cacing darah beku, atau sinking pellet. Makanan favoritnya adalah daging udang dan cacing tanah. Karena mulutnya yang cukup besar, alangkah sebaiknya tidak di pelihara bersama ikan ikan kecil. Ukuran maksimal ikan loach ini dapat mencapai 60-70 Cm. Besarnya ukuran tubuh menjadi kunci yang membedakan Leptobotia Elongata dengan saudaranya Leptobotia Pellegrini. Menurut penghobi yang pernah memelihara kedua ikan ini mereka berdua sangat mirip. Bahkan ketika mereka berukuran kecil, sangat sulit untuk membedakannya.

Oleh karena itu banyak yang salah memberi label Royal Clown Loach pada Leptobotia Pelligrini. Padahal ikan ini punya potongan tubuh maksimal berukuran 18-20 Cm. Karena itu jika hendak membeli ikan Leptobotia Elongata disarankan ketika ukurannya paling kecil 20 Cm. Sehingga kita tidak bakal tertukar dengan saudara dekatnya.


Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive