Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Wednesday, March 2, 2016

KEINDAHAN DAN EKSOTISME PULAU MENJANGAN


PULAU MENJANGAN

Pulau menjangan adalah pulau kecil yang indah, luasnya hanya 175 hektare. Terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat, pulau ini telah menjadi salah satu favorite dive spot terindah di dunia. Pantainya yang berpasir putih dengan pesona bawah lautnya yang alami dan indah menjadikan pulau ini sebagai surga bagi para penyelam. Pulau Menjangan ini mempunyai kontur tanah yang gersang, disana hanya ada bebatuan dan tumbuhan kering. Rusa liar atau menjangan banyak kita jumpai di dalam pulau ini. Menjangan-menjangan ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Keberadaan menjangan atau rusa liar di pulau inilah yang menyebabkan pulau ini dinamakan Pulau Menjangan. 



Sayangnya populasi Rusa liar atau menjangan ini semakin hari semakin berkurang, dikarenakan ulah para pemburu liar. Oleh sebab itu saat ini Pemerintah telah melakukan konservasi untuk menjaga habitat populasi Rusa di Pulau Menjangan ini. Seperti pada umumnya daerah di Pulau Bali, di Pulau Menjangan ini juga kita temui Pura di dalamnya. Letaknya di bagian timur Pulau Menjangan, Pura ini bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana. Umat hindu menjadikan tempat ini sebagai rumah ibadahnya.

Akses transportasi untuk menuju ke Pulau Menjangan ini tidaklah sulit. Kita bisa naik kereta api dengan tujuan kota Banyuwangi. Setelah kita sampai di Stasiun Banyuwangi, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke Pelabuhan Ketapang. Dari Pelabuhan Ketapang kita lanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk dengan kapal feri, yang biasanya memakan waktu kurang lebih 20 menit. Setelah itu kita bisa lanjutkan lagi dengan naik minibus jurusan ke Singaraja yang akan membawa kita ke Labuhan Lalang. Ini adalah tempat untuk menyeberang ke Pulau Menjangan. Waktu tempuh yang kita perlukan biasanya kurang lebih 30 menit. 

Bagi kita yang tidak mau berlama-lama di perjalanan, kita bisa naik Pesawat dengan tujuan Kota Denpasar Bali. Setelah sampai di bandara, kita bisa menyewa mobil menuju ke Labuhan Lalang, dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 4 jam. Selain dari Labuhan Lalang, tempat penyeberangan lainnya adalah dari Banyu Wedang. Baik dari Labuhan Lalang maupun dari Banyu Wedang tersedia paket wisata menuju ke Pulau Menjangan. Kita tidak perlu membawa peralatan menyelam bila kita menggunakan paket wisata ini. Paket wisata biasanya sudah termasuk tiket masuk, biaya asuransi, tour guide dan makan satu kali. Setengah jam lamanya, perjalanan yang biasanya kita perlukan untuk menuju ke Pulau Menjangan. Panorama bawah laut Pulau menjangan sangatlah mempesona, sangat disayangkan bila kita tidak mengabadikan gambarnya. Oleh karena itu, bawalah kamera underwater bila kita punya, bila tidak punya di sini juga tersedia tempat persewaan kamera underwater.

Pulau menjangan terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang exsotis dan mempesona. Di kedalaman 60 meter kita bisa melihat dinding-dinding karang yang indah dan biota-biota laut yang mempesona. Jajaran bebatuan di dasar laut membentuk susunan lorong besar dan kecil, yang bisa menjadi tempat bersembunyi kuda laut, penyu, belut laut, hiu karang dan ikan karang besar lainnya. Dinding karang yang terdapat di sini banyak di tumbuhi oleh hard coral dan soft coral. 



Hampir semua jenis ikan-ikan karang seperti batfish, clownfish, angelfish, parrotfish dan Moorish idol bisa kita jumpai di sini. Banyak wisatawan mengatakan ke kagumannya pada pemandangan bawah laut Pulau Menjangan, dikarenakan spot bawah laut di sini variasi ikan dan warna karangnya lebih banyak bila di bandingkan dengan di tempat lainnya. Karena tambah tahun rusaknya terumbu karang semakin tambah parah, maka tak jauh dari Banyu wedang yaitu di desa Pemuteran, ,terdapat metode trasplantasi karang yang dikenal dengan sebutan Biorock. Metode Biorock ini mempercepat pertumbuhan terumbu karang dengan aliran listrik. Sudah tidak perlu diragukan lagi keberhasilan teknologi ini, karena metode Biorock ini sudah mendapatkan penghargaan dari lokal maupun internasional.

Bila kita ingin menginap, di Banyu wedang atau Labuhan Lalang ada banyak macam penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap. Selain menikmati pesona dan eksotisnya Pulau Menjangan, kita juga bisa berwisata kuliner di Gilimanuk. Salah satu kuliner favorit yang harus kita cicipi di sana adalah Ayam Betutu Gilimanuk. Rasanya yang juga tidak kalah eksotis bercampur dengan bumbu-bumbu gurih dan pedas menggoda, pastinya akan menambah pesona di lidah kita.

Hahaiiiii..Ayo ndang berangkat Jo….paijo…semoga bermanfaat.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive