Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Wednesday, March 2, 2016

PULAU BELITUNG YANG CANTIK

PULAU BELITUNG YANG CANTIK

Kecantikan dan keindahan Pulau Belitung pastinya tidak perlu kita ragukan lagi. Tidak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang menawan, pulau ini juga mempunyai banyak pesona. Mulai dari budayanya, sejarahnya dan hidangan-hidangannya yang menggugah selera. Oleh sebab itu tidak heran jika semakin hari semakin banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang datang ke pulau cantik dan mempesona ini.



Di pulau Belitung ini terdapat obyek wisata yang paling menarik dan paling ingin dikunjungi para wisatawan, yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini sungguh cantik dan mempesona, letaknya tidak terlalu jauh dari kota Tanjung Tinggi, jaraknya kurang lebih sekitar 29 km. Di sini juga pernah digunakan sebagai tempat syuting film “Laskar Pelangi”. Pantai Tanjung Tinggi ini diapit oleh dua semenanjung. Karena banyaknya wisatawan yang merasa aneh saat berada di pantai ini , maka pantai ini sering disebut sebagai pantai misteri.

Destinasi wisata lain di Pulau Belitung ini adalah Danau tambang kaolin. Di sini dulunya bekas lokasi penambangan kaolin. Cekungan yang terbentuk akibat galian tambang akhirnya terisi air dan membentuklah danau. Perpaduan dari air danau yang biru dan batuan putih, membuat kita terpesona melihatnya. Untuk lokasi Danau kaolin ini berada di Desa Air Raya Tanjung Pandan. Selain dari itu, jika kita hobi snorkeling dan menyelam, kita bisa menuju ke Pulau Kepayang atau di sebut juga Pulau babi. Pulau ini menjadi konservasi sejak tahun 2010. Untuk menuju ke pulau ini kita bisa menggunakan kapal nelayan dari Tanjung Kelayang. Bungalo, Cottage dan barak juga tersedia di Pulau Kepayang ini.

Makanan yang wajib kita coba saat ke Pulau Belitung ini adalah Mie Belitong dan Suto Belitong. Mie belitong terkenal dengan kari udangnya yang kental dan gurih. Dipadu dengan campuran tahu goreng, mie, taoge serta cabe yang di tumbuk, membuat kita ngiler pengen merasakan kelezatannya. Untuk Suto Belitong sendiri banyak kita jumpai dijajakan di warung-warung di Pulau Belitung.





Oleh-oleh yang bisa kita dapatkan di Pulau Belitung ini, ada Kerupuk Belitong. Banyak macam jenis kerupuk belitong yang ada di sini, ada kerupuk ikan, kerupuk udang, dan kerupuk cumi. Kerupuk-kerupuk di sini memang paling banyak memiliki rasa laut. Selain kerupuk, oleh-oleh yang lain adalah Belacan Belitong atau terasi. Terasi dari Desa Sijuk ini berbeda dengan terasi dari daerah lainnya. Bahan baku terasi ini dari udang kecil yang masih segar, kemasan terasinya pun unik karena dibungkus dengan daun lais. Ada juga Batu Satam, batu hitam ini bisa kita temukan di toko-toko perhiasan Pulau Belitung. Batu Satam ini berasal dari pecahan asteroid yang jatuh ke bumi. Batu ini hanya diketemukan di Pulau Belitung. Jadi sayang rasanya jika kita tidak membelinya.


Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive