Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Saturday, February 27, 2016

XANTO PLECO FISH (PLECO EMAS)

XANTO PLECO FISH (PLECO EMAS)

Xanto pleco mempunyai warna kuning keemasan yang merata di seluruh bagian tubuhnya, Tampilan fisiknya sangat lucu, seperti buah nanas. Badannya yang lebar, kepala besar, sisik besar dan terlihat sangat tegas. Para penghobies biasanya juga menyebut ikan ini rubber pleco atau cubby pleco karena tampilannya yang lebar dan terlihat seperti ikan tambun.


Memang agak sulit untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya, berdasarkan literature, jantan berkepala lebih besar, lebih banyak rambut halus, kumis lebih banyak dan panjang, sementara kondisi tubuh betina justru sebaliknya. Di asia banyak penghobi jatuh hati kepadanya, terutama kebanyakan etnis Tionghoa. Mereka percaya ikan ini bisa membawa rejeki bagi usaha atau rumah tangganya. Mereka menyimbolkan ikan ini sebagai symbol emas atau uang yang konon dapat membawa rejeki bagi pemiliknya.

Karena permintaan yang relatif cukup tinggi di Asia, wajar jika harga ikan ini melambung tinggi, terutama untuk ikan yang berwarna kuning pekat informasi saja untuk ikan berukuran 5 cm banderolnya di atas Rp. 2 Juta. Sayangnya warna ikan ini dapat berubah, terutama bila kualitas dan parameter air kurang terjaga dengan baik. Warna kuning di tubuhnya bakal pudar dan timbul belang-belang berwarna abu kehitaman. Bercak ini bakal makin banyak jika ikan tengah stress. Begitu kondisi lingkungannya telah membaik perlahan lahan warna kuningnya akan kembali menguat.


Sebenarnya pada saat ditangkap di alamnya, banyak xanto berwarna keabuan, tanpa ada warna kuning sedikitpun. Tetapi apabila dipelihara dengan kualitas air yang baik dan parameter yang benar, selang beberapa waktu warna keabuan ini bisa pudar dan menjadi kuning. Agar kondisi tubuhnya tetap seperti itu anda cukup menaruhnya di dalam akuarium sederhana. Ukuran akuarium tinggal disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan dipelihara. Supaya dapat hidup nyaman xanto pleco dewasa membutuhkan minimal 12 liter air per ekornya. Besaran tubuh ikan ini bisa mencapai 30 Cm. Lengkapi juga akuarium dengan sitem filterasi dan aerasi yang baik. Agar mereka semakin nyaman tinggal di akuarium, anda bisa menambahkan batang kayu bakau dan accesoris lain untuk tempat xanto bersembunyi.

Untuk penggantian air secara rutin harus dilakukan, agar kualitas dan parameter air bisa tetap terjaga dan sesuai dengan kebutuhan ikan. Rutin memeriksa parameter air dan kesehatan ikan harus dilakukan, bila diperlukan sediakan obat obatan, agar suhu akuarium stabil pasang heater, menjaga pola diet (penumpukan makanan sisa) karena ini dapat menjadi sarang penyakit, selain itu kita harus rajin membersikan filterasi.


Bila melihat keadaan insangnya yang lebar dan besar, ikan ini diperkirakan hidup di daerah minim oksigen. Dengan insang seperti itu , xanto mampu menghirup lebih banyak udara walau berada di perairan minim oksigen. Sumber lain mengatakan sebaliknya ikan ini hidup di sungai berarus kencang dan kaya akan oksigen.

Pleco merupakan jenis ikan bandel. Xanto pleco berdaya tahan relative tinggi terhadap perubahan cuaca dan perubahan parameter air yang cukup signifikan. Bahkan dengan hanya mengandalkan pasokan oksigen dari aerator kedalam akuarium sudah cukup bagi pleco untuk hidup nyaman. Karakteristik xanto pleco yang damai membuatnya mudah disatukan dengan bottom dweller (ikan berenang di dasar) lainnya. Jadi walaupun badannya besar tak jadi masalah apabila disatukan dengan jenis pleco lain yang ukuran badannya jauh lebih kecil. Sebagai pilihan teman seakuarium anda dapat menyatukannya dengan berbagai macam ikan seperti angel fish, corydoras, dan aneka tetra.

Xanto pleco merupakan ikan sapu hias omnivora alias pemangsa segala macam jenis makanan. Kita bisa memberinya cacing beku, algae wafer, timun, hingga daging udang. Perlu diingat juga pemberian jenis pakan bakal mempengaruhi kondisi tubuhnya. Agar warna kuning semakin pekat beberapa penghobies kerap kali memberinya pakan dengan mengandung pewarna. Warna kuning pada tubuh xanto pleco ini bervariasi, ada yang kuning cerah, kuning keputihan, kuning pekat, hingga hampir seperti orange. Namun sebenarnya seiring bertambahnya usia, rata rata warna kuning di tubuhnya menjadi lebih pekat. Ikan seperti inilah yang sebenarnya diminati oleh para penghobies.



Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive