Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Thursday, August 4, 2016

PULAU SEMPU DAN KEINDAHAN HUTAN TROPISNYA

PULAU SEMPU DAN KEINDAHAN HUTAN TROPISNYA

Pulau Sempu terletak di pantai selatan Kabupaten Malang, pulau ini masuk dalam kawasan Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Jawa Timur. Lokasi Pulau Sempu berada tak jauh dari Pantai Sendang Biru. Jika kita dari Kota Malang, lokasinya berjarak kurang lebih sekitar 80 Kilometer. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah kawasan hutan konservasi yang menyembunyikan sebuah laguna yang sangat memukau di Jawa Timur.


Yang menjadi daya tarik utama dari pulau kecil cantik ini adalah Laguna Segara Anakan yang letaknya kurang lebih 2,5 km ke arah selatan pulau. Lokasinya tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis yang lebat. Laguna yang memiliki luas kurang lebih 4 hektar tersebut merupakan tempat wisata yang menawan. Pantainya yang indah berpasir putih berpadu dengan birunya air yang tenang dengan batuan karang disekelilingnya. Kondisi air di Laguna Segara Anakan ini cukup tenang oleh karenanya di laguna ini menjadi tempat yang sempurna untuk berenang. Lokasinya yang terpencil dan jalur yang sulit diakses, menjadikan suasana di Segara Anakan ini menjadi terasa sangat tenang dan tersembunyi bagi pengunjungnya.


Berwisata menuju ke Pulau Sempu adalah petualangan yang sangat menantang bagi siapa saja yang ingin menikmati Laguna Segara Anakan. Perjalanan kita mulai dengan menyeberangi selat dari Pantai Sendang Biru menuju ke Teluk Semut yang terletak di Pulau Sempu. Dari Teluk Semut, perjalanan kita lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan lebat dan melintasi jalan curam dan terjal sebelum sampai di lokasi laguna. Meskipun medan yang kita lalui agak sulit dan licin tetapi usaha kita untuk menyaksikan keindahan yang ditawarkan laguna cantik yang tersembunyi ini memang layak diperjuangkan. Jika kita membutuhkan kapal dan jasa pemandu untuk menuju Pulau Sempu, kita bisa mendapatkannya di daerah Pantai Sendang Biru.



Pulau Sempu juga memiliki destinasi tempat-tempat wisata menarik lainnya yang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Di antaranya adalah Pantai Waru-waru, Telaga Lele, Tiger Cave, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, Pantai Fresh Water, dan Telaga Sat.


Karena Pulau Sempu merupakan cagar alam, maka Pulau ini memiliki berbagai jenis ekosistem, mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau. Vegetasi yang ditemukan di Pulau Sempu ini juga masih banyak sekali macamnya. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut sulit sekali diketemukan saat ini.


Cagar Alam Pulau Sempu juga merupakan rumah bagi satwa liar, Diantaranya adalah : monyet jawa, monyet hitam, Kera abu-abu/ Grey Macaques, babi hutan, kijang, kancil/ rusa kecil, udang, ikan belodok, kepiting, dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa jenis reptil termasuk kadal berukuran besar dan ular serta beberapa jenis burung yang mencari tempat berlindung di pulau itu.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive