Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Thursday, August 11, 2016

BUAH MENGKUDU

BUAH MENGKUDU

Tanaman buah mengkudu berasal dari daerah Asia Tenggara dan tergolong ke dalam famili Rubiaceae. Buah mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia. Pohon buah mengkudu tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1500 m dpl, untuk tinggi pohon mengkudu bisa mencapai lebih dari 5 m. Buahnya tergolong buah majemuk dengan banyak jumlah bintik-bintik di permukaan kulitnya dan berubah jadi bintik hitam jika sudah tua. Kebanyakan orang di Indonesia memakai buah mengkudu sebagai campuran rujak atau sebagai minuman dengan cara di jus.



Tanaman buah mengkudu memiliki banyak sifat pencegahan terhadap berbagai penyakit, sehingga buah mengkudu banyak dijadikan sebagai salah satu tanaman obat yang pantas untuk dibudidayakan. Berbagai macam unsur senyawa terkandung dalam buah mengkudu, Berikut beberapa manfaat buah mengkudu dalam hal untuk kesehatan, khususnya menjadi obat tradisional.

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tubuh kita yang kekurangan vitamin akan mengalami berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh ketidak mampuan imunitas tubuh dalam hal menumpas bakteri penyakit. Dalam hal ini mengkudu bekerja ekstra dalam hal meningkatkan sistem antibodi tubuh. Sari buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T dalam jaringan kekebalan tubuh. Hal tersebut akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit serta mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri, dan menghambat laju pertumbuhan sel kanker, serta menormalkan fungsi sel yang tidak normal.

2. Dapat digunakan sebagai obat demam dan flu.

Penyakit demam, masuk angin serta flu adalah penyakit yang biasa menghampiri seseorang saat musim dingin. Di saat kondisi ekstrim tubuh akan sangat kelelahan berperang melawan bakteri, sangatlah wajar jika kita terkena gangguan penyakit musiman tersebut.

3. Dapat digunakan sebagai obat batuk.

Manfaat lain dari buah mengkudu yaitu mengobati berbagai macam penyakit batuk. Hal ini mungkin terjadi karena adanya sifat anti-bakteri dan anti-peradangan dalam daging buahnya.

4. Dapat menurunkan tekanan Darah.

Tanaman buah mengkudu berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Untuk pembuatan ramuan obat tradisional dari buah mengkudu itu sendiri tidaklah susah. Cukup kita sediakan 2 buah mengkudu yang sudah matang dari pohon, serta 1 sendok makan madu. Peras kedua buah mengkudu tadi dan kita tampung airnya, tambahkan satu sendok madu kedalam air perasan buah mengkudu. Ramuan tradisional tersebut siap kita minum.



Di jaman modern seperti sekarang ini buah mengkudu banyak menjadi objek penelitian menarik bagi para dokter ataupun pakar pengobatan. Untuk saat ini, sudah banyak produk olahan mengkudu berupa jus ataupun sirup yang banyak sekali di jual di supermarket ataupun toko-toko obat di sekitar kita.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive