Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Saturday, August 6, 2016

BUNGA KENANGA DAN MANFAATNYA

BUNGA KENANGA DAN MANFAATNYA

Bunga kenanga merupakan bunga yang tak hanya cantik namun juga memiliki aroma wangi yang begitu eksotis, Tanah dan iklim di Indonesia sangatlah cocok untuk pertumbuhan berbagai macam tumbuhan terutama bunga kenanga ini. Patut bersyukurlah kita berada di Negara Indonesia yang indah ini, dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan flora dan juga faunanya, baik itu yang asli berasal dari dalam negeri maupun pembudidayaan dari luar. Beberapa orang sering kali menjadikan bunga kenanga ini sebagai pewangi, bahkan bunga kenanga sering kali diidentikkan sebagian orang sebagai bunga untuk taburan di kuburan. Namun jangan salah karena kandungan di dalam bunga kenanga tak hanya dapat mengeluarkan bau wangi namun juga bagus untuk kesehatan manusia.



Di dalam bunga Kenanga terdapat beberapa kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah: flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Beberapa bahan penting yang lainnya bahkan bermanfaat sebagai insektisida alami, jika diolah dengan benar bunga kenanga ini juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita, beberapa manfaat bunga kenanga diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengatasi keputihan bagi wanita : Masalah yang kerap kali dialami oleh wanita seputar daerah intim ini adalah keputihan, tentunya bukan hanya keputihan biasa. Namun karena infeksi jamur dan juga bakteri.
  • Untuk obat atau jamu setelah wanita melahirkan : Bagi Beberapa orang khususnya yang tinggal di daerah pedesaan sangat percaya bahwa bunga kenanga yang mengeluarkan bau wangi ini sangat bermanfaat untuk pengobatan setelah melahirkan. Tentunya tak hanya sekedar langsung memakannya, namun dijadikan sebagai ramuan jamu terlebih dahulu, salah satunya dengan menambah tanaman kayu rapet, kunyit, patangsih, jalawe dan sebagainya yang kemudian dihaluskan dan direbus.
  • Untuk obat penyakit malaria : Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini nyatanya tak bisa dianggap sepele, mengingat jika terlambat mendapatkan pertolongan penderitanya bisa mengalami kondisi yang kritis bahkan menyebabkan kematian. Bunga kenanga menjadi salah satu obat manjur untuk mengatasi malaria, caranya mudah yaitu dengan menyeduh 3 kuntumnya dan meminumnya secara rutin.
  • Untuk mengatasi penyakit kudis : Penyakit kudis dapat mengenai siapa saja tanpa pandang bulu, cara mengobatinya menggunakan bunga kenanga hanya tinggal menghaluskan beberapa kuntum kemudian oleskan pada bagian yang sakit, lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Ramuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu di kulit.
  • Untuk obat penyakit bronchitis : Penyakit yang menyerang bagian bronkus manusia ini bisa diatasi menggunakan bunga kenanga, caranya dengan mengambil beberapa kuntum kemudian menyeduh menggunakan 1 gelas air, biarkan hingga tinggal setengah gelas dan minum secara teratur pada pagi dan sore hari.
  • Untuk obat sesak nafas : Penyakit sesak nafas atau dikenal dengan nama asma, baik itu orang dewasa maupun anak-anak sangat rentan sekali terkena asma, bunga kenanga ternyata juga bermanfaat sebagai obat sesak napas. Caranya cukuplah mudah, dengan mengambil 3 kuntum bunga kenanga, kemudian seduh menggunakan 1 gelas air, minum secara rutin pada pagi dan sore.



Meskipun kebanyakan diidentikkan dengan sesuatu yang berbau mistis, bunga kenanga memiliki banyak sekali manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, atau istilahnya sebagai obat herbal, tidak hanya jenis penyakit yang ringan, namun juga penyakit-penyakit berbahaya yang sangat membutuhkan biaya mahal untuk pengobatannya. Tidak ada salahnya jika kita mencoba menggunakan bunga kenanga sebagai obatnya. Semoga bermanfaat kawan.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive