Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Thursday, August 11, 2016

PULAU MARATUA ( PULAU SURGA PARA PENYELAM )

PULAU MARATUA ( PULAU SURGA PARA PENYELAM )

Pulau Maratua terletak di Laut Sulawesi. Pulau Maratua ini masuk dalam bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulaunya kecil dengan bentuk panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan. Keunikan dari pulau maratua ini adalah bentuknya yang menyerupai pisau. Di pulau maratua ini juga terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban. Di Provinsi Kalimantan Timur selain destinasi wisata Kepulauan Derawan yang sudah cukup sangat terkenal di kalangan wisatawan, juga terdapat Pulau Maratua yang tidak kalah menyajikan keindahan hamparan laut birunya yang sangat menawan. Kita bakal terpesona melihat pantainya berpasir putih yang masih asri dan perairan laut biru bersih di sana.

 

Pulau Maratua merupakan destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi wisatawan, oleh sebab itu pulau ini cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut tanpa suasana hingar bingar keramaian. Masih sangat jarang sekali orang yang bermain di pantainya, sehingga bentuk pasir pantai disana masih memiliki pola yang cukup unik. Sebelum kita mencapai pantai pasir putih, terdapat gugusan terumbu karang indah yang bisa digunakan untuk snorkeling. Kita juga bisa menyusuri bagian dalam pantai dengan sampan yang kita dayung sendiri. Selain itu, disana kita juga dapat menerobos hutan hujan melalui jalan perintis dengan sepeda atau motor untuk berkeliling.


 
Letak Pulau Maratua cukup dekat dengan tempat wisata Kepulauan Derawan, hanya satu jam saja bila menggunakan speed boat atau kapal cepat. Bila ingin datang ke sini, kita bisa melalui Tarakan atau via pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Memang agak sedikit sulit, dikarenakan letak Pulau Maratua yang berada di pulau terluar Indonesia dan berada di perairan Sulawesi yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Tetapi setelah kita bersandar di sana, kita akan terpukau melihat indahnya hamparan laut biru yang membuat adrenalin kita langsung ingin menyelam.


 
Pulau Maratua bisa diibaratkan surga bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut. Spot-spot menawan yang ditawarkan sangat banyak. Kala senja di Pulau Maratua terasa sangatlah indah. Suasana hening dan deburan ombak yang mulai meyapu seiring air laut yang pasang menawarkan sensasi yang berbeda. Turunnya sang surya saat sore tiba, menyajikan pemandangan sunset yang luar biasa indah di Pulau Maratua. Berbagai macam jenis Ikan laut nampak langsung bisa terlihat bermain di bawah dermaga. Mulai dari lion fish sampai pari putih. Uniknya lagi para penyu pun suka menampakkan diri di waktu pagi atau menjelang sore hari di permukaan air dangkal. Bila malam cerah, maka kita dapat melihat gugusan bintang yang indah dengan sepoi-sepoi angin laut yang terasa segar. 


 
Beberapa penginapan terdapat di Pulau Maratua ini. Ada yang memiliki dermaga sendiri, posisinya juga langsung berhadapan dengan laut lepas, bahkan beberapa kamarnya sengaja didirikan tepat di bawah bibir laut. Dari penginapan ini saja kita biasanya sudah bisa menikmati ragam pemandangan yang menarik, belum lagi bila kita berniat diving atau berkunjung ke tempat-tempat menarik lainnya di Pulau Maratua. Apabila kita mau diving atau bermain ke pulau lainnya seperti Kakaban atau Sangalaki, kita harus menyewa boat lagi. Semoga bermanfaat. Selamat Berwisata kawan.. 

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive