Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Friday, August 12, 2016

MENANAM TANAMAN BUAH SRIKAYA

MENANAM TANAMAN BUAH SRIKAYA

Tanaman buah srikaya memiliki nama ilmiah Annona squamosa. Tanaman buah srikaya bisa kita tanam di kebun, pekarangan rumah ataupun di dalam sebuah pot. Dengan ketelatenan dan perlakuan khusus, tanaman srikaya pada umur 1,5 tahun sudah dapat berbuah, walaupun asalnya kita menanam tanaman tersebut dari biji. Tanaman buah umumnya bisa dipercepat berbuahnya dengan jalan dipelihara secara intensif. Tanaman buah srikaya kalau ditanam secara tradisional, biasanya akan berbuah pada umur sekitar kurang lebih 3 tahun. Tetapi dengan perawatan intensif, di dalam pot yang dipupuk berat, ia akan berbuah pada umur 1,5 tahun, meskipun buahnya tidak sebesar buah srikaya yang ditanam di kebun. Untuk tahun-tahun pertama, buahnya tentu saja belum begitu lebat. Bunga yang berhasil menjadi buah hanya belasan tangkai. Tanaman buah srikaya dalam pot memiliki ukuran tubuh pendek kurang lebihnya sekitar hanya 75 cm, sehingga cukup menyenangkan kalau sudah mulai berbuah. Berikut cara menanamnya di dalam pot, jika kita ingin mencobanya.


 
Sebagai persiapannya kita memerlukan pot yang harus dapat diisi dengan media tanam sebanyak 15 kg. Media tanam tersebut dibuat dengan mencampurkan tanah dan humus, dengan perbandingan 2 bagian tanah dan 1 bagian humus. Media tanam yang sudah dibuat tersebut kita masukkan ke dalam pot, sampai bagian atasnya mencapai sekitar kurang lebih 5 cm dari bibit pot. Kemudian bibit srikaya yang sudah terpilih langsung kita tanam. Bersamaan dengan penanaman tersebut, di sekeliling biji kita taburkan pupuk majemuk NPK (15-15-15) sebanyak 15 gr. Tanaman buah srikaya dalam pot kemudian kita siram secara teratur. Sekitar kurang lebih 1,5 bulan kemudian, bibit yang bertunas dari biji itu pasti sudah tumbuh setinggi kira-kira 25 cm. Untuk selanjutnya kita tinggal merawat dan memupuk tanaman buah srikaya tersebut dengan tekun dan penuh perhatian.


 
Dalam satu tahun, tanaman buah srikaya dalam pot kita beri 3 kali pupuk NPK yang sama komposisi unsur N-P-K-nya. Dosisnya semakin lama semakin meningkat. Pemupukan pada saat tanaman berumur empat bulan, sebanyak 50 gr. Kemudian empat bulan lagi kita beri 75 gr, dan empat bulan ketiganya 100 gr. Pemupukan berikutnya atau di tahun yang kedua, kita ganti pemupukan menggunakan pupuk NPK yang kandungan unsur P dan K-nya lebih tinggi daripada N.

Selain pupuk NPK sebagai pupuk akar, tanaman buah srikaya juga kita beri pupuk daun lengkap, sebanyak 2 kali dalam satu bulan. Tanaman buah srikaya dalam pot pada umur satu bulan sampai satu tahun kita semprot larutan pupuk daun yang banyak mengandung unsur N, misalnya Gandasil D atau Bayfolan. Untuk selanjutnya kita ganti menggunakan pupuk daun yang banyak mengandung unsur P dan K, seperti Gandasil B atau semacamnya.


 
Pemupukan dengan pupuk daun jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Pemberian pupuk yang melebihi takaran ataupun yang terlalu dekat dengan batang, akan mengakibatkan semua bunga dan daunnya gugur. Hal lainnya yang perlu kita perhatikan adalah ketersediaan air dalam pot, terutama pada musim kemarau. Alangkah baiknya agar tanaman buah srikaya dalam pot tetap sehat, untuk waktu penyiramannya kita lakukan satu atau dua hari sekali supaya hasilnya nanti tidak mengecewakan. Selamat berkebun kawan, semoga bermanfaat. 

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive