Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Saturday, February 27, 2016

GIANT SNAKE HEAD MONSTER FISH

GIANT SNAKE HEAD MONSTER FISH
Predator air tawar yang Agresif

Bagi para penghobi monster fish, Giant Snake terbilang ikan Populer. Selain karena ukuran tubuhnya yang bisa tembus hingga lebih dari satu meter, ikan ini dinilai paling agresif dibandingkan ikan predator air tawar yang lain. Tingkat agresifnya kabarnya hanya bisa disaingi oleh piranha.



Diantara 30 jenis snake head lainnya, Giant snake head termasuk keluarga Channidae dengan ukuran tubuh terbesar. Dalam kondisi optimal tubuhnya bisa melar hingga 1,5 meter, dan bobotnya bisa mencapai 20 Kg. Padahal ketika masih bayi badannya hanya sebesar 2 Cm saja.

Pada waktu masih kecil giant snake head ini memiliki warna tubuh merah menyala, ketika remaja warna merahnya semakin memudar. Kemudian timbullah dua buah garis hitam tegas yang membentang dari mata hingga pangkal ekor. Kedua garis hitam ini mengapit warna merah yang masih tersisa pada tubuhnya.

Setelah dia mencapai usia dewasa, garis hitam pun akhirnya menghilang dan berubah menjadi warna hitam kebiru biruan dengan tambahan warna putih pada bagian bawah perutnya. Bentuk tubuhnya pun semakin unik dengan kepalanya yang sangat lonjong dan datar, sekilas seperti kepala ular. Ikan ini popular di Indonesia dengan sebutan ikan gabus atau toman, keunikan lainnya ikan ini adalah mampu bernafas dengan 2 cara yang berbeda. Yaitu dengan menggunakan insang dan organ labirin. Dengan organ labirin giant snake head dapat bernafas di daratan dan mampu bertahan selama 4 hari. Berkat kemampuannya ini tak heran jika Giant snake head ini bisa memburu mangsanya hingga ke daratan.

Soal makan ikan ini tidak sulit, hampir semua jenis hewan yang ada disekitarnya mampu dijadikan santapan utama. Mulai dari ikan mas, kadal, kodok bahkan tikus sekalipun. Pola makan seperti ini biasanya sudah bisa terlihat pada saat ukuran tubuh giant snake head sekitar 40-50 Cm ke atas. Sementara waktu masih kecil menu makanan yang bisa anda berikan diantaranya cacing beku, ikan mas kecil atau guppy. Selain itu snake head fish ini seolah olah tak punya rasa kenyang. Ketika ia dipasok 10 ekor ikan tak berlama lama ia bakal meluncurkan sebuah serangan dan melahap mangsanya tersebut satu persatu. Kemudian 10 ekor ikan lagi kita masukkan kembali hanya dalam hitungan menit snake head segera akan menyapu habis mangsanya.

Bagi para penghobi cara ikan ini memangsa jadi tontonan mengasyikkan. Dengan giginya yang setajam pisau dan serangannya yang super cepat, mampu mengoyak tubuh mangsa berukuran jauh lebih besar darinya. Bahkan hanya dengan sekali serangan tubuh mangsanya tersebut bisa terbelah menjadi dua bagian, sedangkan untuk mangsa yang berukuran lebih kecil giant snake head langsung melahapnya dengan sekali telan.

Di Indonesia ikan raksasa ini sudah sejak lama diperjual belikan, harga giant snake head pun cukup terjangkau . untuk harga giant snake head ukuran 10–15 Cm harga dipasaran sekitaran 10.000 s/d 25.000 per ekor. Sedangkan giant snake head berukuran 50 s/d 60 cm harga yang ditawarkan sekitaran 300.000 per ekor.



Selain harga yang terjangkau untuk merawat Giant Snake Head terbilang cukup mudah. Pertama tentunya harus menyediakan akuarium berukuran jumbo terlebih dahulu. Karena pertumbuhan tubuhnya dipengaruhi oleh kapasitas volume akuarium. Semakin besar akuarium yang digunakan, semakin cepat pula pertumbuhannya. Ukuran ideal sebuah akuarium untuk memelihara giant snake head adalah, 1,5 meter x 2,5 meter x 1 meter. Untuk lebih diperhatikan, jika ingin menggabungkan snake head dengan ikan lainnya, pastikan mereka berukuran jauh lebih besar atau setara dengan snake head itu sendiri. Karena jika tidak, hanya sekejap giant snake head dengan mudah melahap teman se akuariumnya tersebut.

Selain mendapatkan predikat sebagai jenis snake head terbesar. Ikan gabus merupakan satu satunya jenis snake head yang ditakuti karena memiliki sifat kejam dan tak kenal takut terlebih saat musim kawin. Giant snake head jauh lebih agresif saat menjaga anak anaknya. Induk jantan kerap berada di dekat sarang untuk menjaga telur dan anakannya. Sedangkan induk betina akan berpatroli dari jarak jauh. Bila di rasa ada ancaman terhadap telur atau anaknya , ia akan kembali sarang dan menyerang benda yang dianggapnya ancaman.

Beberapa ikan tawar lain yang terkenal dengan tingkat agresifnya yang tinggi, tubuhnya yang terbilang jumbo diantaranya adalah, Red tail cat fish, Goliath tiger fish, Tiger catfish, Arapaima, Alligator Gar, dan Giant Snake head sendiri. 

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive