Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini..Semoga Bermanfaat..

blackvoda’s blogs

Wednesday, February 24, 2016

AQUASCAPE MURAH DAN INDAH

AQUASCAPE MURAH DAN INDAH

Minat masyarakat yang tertarik dengan Aquscape banyak sekali, kebanyakan mereka memandang hobi aquascape ini termasuk salah satu hobi yang mahal ongkosnya. Padahal tidak juga, dengan modal kurang dari 500 ribu anda sudah bisa membangun nano aquscape. Alat sederhana yang dipergunakan seperti filter HOB ukuran kecil, akuarium berukuran 30 cm, kawat besi anti karat, dan lampu meja belajar. Untuk material lainnya bisa kita memakai pasir silica kasar, moss peacock, dan batu serpentine yang bisa terlihat mengkilap bila terpapar sinar lampu.


Setelah peralatan dan material sudah ada, cuci hingga bersih pasir silika cukup dengan menggunakan air bersih, hindari penggunaan sabun. Setelah itu masukan pasir dalam akuarium. Atur posisi pasir dalam akuarium sehingga memperoleh layout yang diinginkan. Bila sudah oke masukkan batu serpentinenya. Anda bisa menggunakan pinset sebagai alat bantu. Setelah itu tempelkan Moss peacock pada kawat besi antikarat. Agar menempel dengan kuat anda bisa menggunakan tali pancing sebagai pengikatnya. Bentuk dan susunlah sesuai dengan layout. Bila perlu anda bisa lakukan improvisasi agar diperoleh hasil yang memuaskan. Terakhir masukkan biota hidup seperti ikan atau udang.
Agar perkembangan Aquscape bisa tumbuh bagus jangan lupakan cahaya. Untuk ukuran aquscape 30 x 20 x 15 cukup dengan sebuah lampu CFL. Dengan model seperti ini, tanaman bisa tumbuh subur walaupun tanpa disokong oleh pasokan CO dan pupuk. Perlu juga diperhatikan beberapa biota penting dalam aquscape seperti udang dan ikan kecil, agar hidup dengan nyaman kalkulasikan populasinya jangan terlalu banyak.


Biota tersebut berguna untuk membersihkan kotoran pada akuarium. Sehingga meringankan pemilik dalam menjaga kondisi aquscape tetap bersih. Sebagai penghias agar lebih cantik juga aquscape kita, bisa kita tambahkan accesoris mainan aquscape lainnya. Catatan juga agar sukses membangun aquscape kita, hendaklah jangan bernafsu untuk memasukkan biota hidup, Biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 4 s/d 7 hari agar ekosistem bisa stabil. Sehingga pada saat pemasukannya biota tidak kaget dengan perubahan lingkungan yang dapat menyebabkan stresss dan mati.

Lakukan pemeliharaan rutin seperti penggantian air setiap 2 hari sekali, cukup buang 30 s/d 50 % saja dari air di akuarium, jangan terlalu banyak mengganti air, karena dapat mengakibatkan biota mabuk. Kondisi ini tak terlepas dari proses berkurangnya kadar oksigen dalam air.semakin banyak air yang anda ganti, jumlah oksigen bakal semakin menurun.

Interval waktu penggantian air bakal semakin lama seiring bertambahnya usia aquscape. Untuk minggu pertama memang sebaiknya diganti 2 hari sekali. Tapi saat usianya sudah mencapai minggu kedua, penggantian air bisa dilakukan 3 hari sekali. Bila ekosistem sudah mulai berbentuk, interval penggantian air bisa lebih lama. Semisal seminggu sekali, langkah ini penting memperbarui unsur dalam air yang dibutuhkan oleh tanaman dan hewan air.

Share:

0 comments:

Gambar dan Data saya dapatkan dari berbagai Sumber. Mohon koreksi bila ada kesalahan. Atas kunjungannya saya ucapkan Terima kasih.

blackvoda

My photo
You can send email and visit me in blackvoda@gmail.com, itats02@yahoo.com or http://indonesiahijausejati.blogspot.co.id Thank you.

Blogger templates

Blog Archive